Tuesday 6 December 2016

Jenis-jenis kapal dan fungsinya



JENIS-JENIS KAPAL DAN FUNGSINYA

 
  1. Kapal Pesiar (Cruise Ship)



    
Kapal pesiar adalah kapal penumpang yang dipakai untuk pelayaran pesiar. Penumpang menaiki kapal pesiar untuk menikmati waktu yang dihabiskan di atas kapal yang dilengkapi fasilitas penginapan dan perlengkapan bagaikan hotel berbintang. Kapal pesiar memiliki rute pelayaran yang selalu kembali ke pelabuhan asal keberangkatan. Jadi, kapal pesiar selalu memulai dan mengakhiri perjalannya di tempat yang sama. Lama pelayaran kapal pesiar bisa berbeda-beda, mulai dari beberapa hari sampai sekitar tiga bulan tidak kembali ke pelabuhan asal keberangkatan. Kapal pesiar terbesar sekaligus kapal penumpang terbesar, Oasis of the Seas, adalah kapal pesiar yang memiliki bobot sekitar 225.000 ton lebih dan juga memiliki bangunan atau kabin hingga 20 tingkat diibaratkan sudah mirip dengan apartement mampu menampung ribuan penumpang. Apalagi soal fasilitasnya yang sangat lengkap dan komplit. Kapal pesiar Oasis yang memiliki julukan kota terapung ini di perkirakan memiliki panjang 360 m atau sekitar 5 kali lebih besar dari kapalTitanic. Yang lebih kerennya lagi, semua fasilitas yang ada mampu mensuplai para penumpangnya saat berlayar hingga 30 hari atau sebulan perjalanan di atas laut yang luas.

  2.Kapal Samudra (Ocean Liner)

                                           


  Kapal samudra adalah kapal penumpang besar yang identik dengan kapal pesiar. Kapal ini juga memiliki fasilitas penginapan dan perlengkapan yang mirip dengan kapal pesiar. Apa yang membedakan kapal pesiar dan kapal samudra? Yang membedakan hanya 1, yaitu rute perjalannya. Kapal pesiar berangkat dari suatu tempat kemudian kembali ke tempat yang sama pula, tetapi, kapal samudra berangkat dari suatu tempat ke tempat lainnya. Banyak orang yang menyangka kalau kapal samudra itu sama dengan kapal pesiar karena sama-sama berukuran besar, namun kenyataannya berbeda. Kapal Titanic termasuk dalam kategori jenis kapal ini.

Queen Mary 2 adalah kapal samudra terbesar dan sebuah kapal penumpang Cunard Line yang namanya berasal dari kapal Cunard awal, RMS Queen Mary. Pada saat dibangun pada tahun 2003, Queen Mary 2 merupakan kapal penumpang terbesar yang pernah dibuat dalam setiap dimensinya. Namun, pada November 2009, kapal ini menjadi yang kedua terbesar setelah dikalahkan oleh kapal pesiar Oasis of the Seas. Ukurannya 345 m, hanya 15 m lebih pendek daripada kapal pesiar terbesar Oasis of the Seas. Kemewahan Queen Mary 2 meliputi 15 restoran dan bar, lima kolam renang, sebuah kasino, sebuah ballroom, dan sebuah planetarium.



  3. Kapal Peti Kemas (Container Ship)

                                                 


  Kapal peti kemas adalah kapal yang khusus digunakan untuk mengangkut peti kemas yang standar (biasanya berukuran 20 ft atau 40 ft). Kapal ini memiliki rongga (cells) untuk menyimpan peti kemas ukuran standar. Peti kemas diangkat ke atas kapal di terminal peti kemas dengan menggunakan crane/derek khusus yang dapat dilakukan dengan cepat, baik derek-derek yang berada di dermaga, maupun derek yang berada di kapal itu sendiri. Kapal ini pasti sudah tidak asing lagi bagi sobat karena populasi kapal ini sangat banyak.

Galangan kapal Daewoo dari Korea Selatan telah membangun kapal peti kemas terbesar di dunia atas pesanan Maersk Line.  Kapal seharga US$ 190 juta ini dengan panjang 399 meter dibangun  sanggup untuk memuat 18,000 TEU (satuan peti kemas 20 ft). Kapal ini dinamakan Maersk Triple E Class. Kapal tipe kelas ini mempunyai daya muat 2500 TEU lebih banyak dari pada kemampuan kapal peti kemas yang terbesar sekarang ini, yaitu Emma Maersk yang sudah beroperasi mengarungi samudra dari China ke Eropa.



  4. Kapal Tanker Minyak (Oil Tanker)
         
                                             


  Kapal Tanker Minyak adalah sejenis kapal tanker yang berfungsi untuk mengangkut minyak. Ada 2 jenis kapal tanker pengangkut minyak, yaitu kapal tanker pengangkut minyak matang/halus dan kapal tanker pengangkut minyak mentah. Biasanya kapal pengangkut minyak mentah berukuran lebih kecil. Kapal ini harus dibuat kokoh dan jangan sampai minyak yang diangkutnya bocor karena dapat menyebabkan malapetaka dalam kehidupan laut di sekitarnya.

  Kapal tanker terbesar yang kini bernama Knock Nevis ini memang lain dibandingkan dengan yang lain. Kapal ini merupakan kapal laut terbesar di dunia yang pernah dibuat orang. Dan mungkin juga menjadi kapal yang paling sering berganti nama. Itu karena Knock Nevis memang sering berganti pemilik. Meskipun memegang gelar sebagai kapal terbesar di dunia, tapi kini Knock Nevis tidak difungsikan sebagai kapal lagi. Sekarang tugasnya adalah sebagai floating storage dan Offloading Unit di Dubai.
Untuk menggambarkan ukuran raksasa super tanker ini, kita dapat lihat pada dimensinya. Kapal yang dibangun di galangan kapal Sumitomo Heavy Industries, Jepang ini memiliki panjang 1.504 feet atau setara dengan 458,5 meter. Bobotnya 564.763 DWT. Bandingkan dengan ukuran kapal induk yang paling besar sekalipun. Karena ukurannya tersebut, super tanker ini tidak bisa melintasi terusan Panama dan terusan Suez. Dimensi ukurannya memang luar biasa besar. Karena kendala seperti itulah oleh pemiliknya sekarang (First Olsen Tankers) hanya digunakan sebagai floating Storage.


  5. Kapal Pengangkut Barang Curah (Bulk Carrier)
                                  
                                             


  Kapal Pengangkut Barang Curah merupakan kapal barang yang berfungsi untuk mengangkut barang-barang seperti batu bara, semen, biji-bijian, bijih logam, dan sebagainya di dalam sel-sel/rongga-rongga kargo yang terpisah.
 
  Kapal Valemax adalah kapal pembawa bijih yang sangat besar (VLOC) yang dimiliki atau disewa oleh perusahaan tambang Brasil Vale SA untuk membawa bijih besi dari Brasil ke pelabuhan Eropa dan Asia dengan kapasitas mulai dari 380.000 ton sampai 400.000 ton bobot mati. Kapal Valemax adalah kapal barang curah terbesar yang pernah dibangun dan satu di antara kapal-kapal terpanjang dari setiap jenis saat ini yang masih beroperasi.


  6. Kapal Pengangkut Mobil (Car Carrier)

                                     

  
  Kapal Pengangkut Mobil/Ro-Ro merupakan kapal besar yang bertugas membawa kendaraan baru melalui transportasi air. Awas sob, meskipun mengangkut mobil, kapal ini berbeda halnya dengan ferryFerry bertugas menyebrangkan kendaraan bersama pemiliknya langsung dari suatu pulau ke pulau lainnya akibat tidak adanya jembatan penyebrangan, sedangkan kapal Ro-Ro bertugas menyalurkan kendaraan baru secara massal yang dipesan langsung dari produsen kepada konsumennya.  

  Istilah Ro-Ro adalah Roll-On-Roll-Off untuk mengangkut kendaraan sedangkan istilah Lo-Lo adalah Lift-On/Lift-Off untuk angkutan barang yang harus diangkat menggunakan derek/crane.
Mark V Class memiliki empat kapal Ro-Ro dibangun untuk perusahaan pelayaran Norwegia Wilhelmsen dan asosiasi perusahaan Wallenius yang dibangun oleh Jepang oleh perusahaan Mitsubishi. Kapal ini adalah kapal Ro-Ro terbesar saat ini yang beroperasi dengan kapasitas kargo sebesar 138.000 meter kubik.
  


   7.Kapal Tongkang/Ponton


                                           

  Kapal tongkang/ponton merupakan jenis kapal yang mengangkut barang. Kapal ini sebenarnya bukan benar-benar kapal karena tidak mempunyai mesin sendiri (self-propelled), sehingga ia harus digandeng dengan kapal tunda. Tongkang juga bisa disebut sebagai gandengan kapal. Tuh, sob, memangnya truk aja yang gandengan? Kapal juga punya gandengan, sob.
 


  8. Kapal Tunda (Tug Boat) 

                                              


  Kapal tunda merupakan kapal kecil yang memanuver kapal dengan mendorong atau menarik mereka. Kapal tunda juga memindahkan kapal yang dalam suatu kondisi tidak bisa bergerak sendiri, seperti kapal-kapal di pelabuhan yang ramai atau di sebuah kanal yang sempit dan juga kapal yang memang tidak bisa bergerak sendiri, seperti tongkang, kapal yang rusak, atau platform minyak. Beberapa kapal tunda berfungsi sebagai pembuka pintu laut pelabuhan atau sebagai kapal penyelamatan. Kapal tunda awal memiliki mesin uap, namun saat ini, mesin diesel yang digunakan. 
                                                      

 
   9. Kapal Penangkap Ikan

                                                 


  Kapal penangkap ikan adalah kapal yang dipakai nelayan untuk menangkap ikan di laut, sungai, ataupun danau secara massal. Kapal ini digunakan oleh perusahaan nelayan kaya untuk menangkap ikan sebanyak-banyaknya agar lebih efisien dibandingkan menggunakan perahu kecil. Jumlah ikan yang ditangkap menggunakan jaring besar dalam satu kali berlayar bisa mencapai ribuan ton atau sama dengan persediaan untuk 3 tahun, sob.

  
  10. Kapal Perang (Battleship/Battlecruiser)

                                         




  Kapal perang adalah kapal yang dibangun dan terutama ditujukan untuk pertempuran. Kapal perang biasanya dibangun dengan cara yang sama sekali berbeda dari kapal biasa. Selain sebagai senjata, kapal perang dirancang untuk menahan kerusakan dan biasanya lebih cepat dan lebih lincah dari kapal biasa. Tidak seperti kapal biasa, kapal perang biasanya hanya membawa senjata, amunisi dan pasokan untuk awaknya sendiri. Biasanya kapal perang milik angkatan laut. Kapal perang yang biasa dikenal adalah battleship, padahal ada jenis yang lain, yaitu battlecruiser. Yang membedakan antara  battlecruiser dengan  battleship adalah battlecruiser kurang lengkap perlengkapan senjatanya namun lebih cepat.

No comments:

Post a Comment